March 30, 2015

MOL Micro Oganisme Lokal

Pertanianindonesia.com - MOL adalah singkatan dari Micro Oganisme Lokal yang artinya cairan yang dibuat dari bahan-bahan alami yang disukai sebagai media hidup dan berkembangnya micro organisme yang berguna untuk mempercepat penghancuran bahan-bahan organik atau decomposer dan sebagai aktvator atau tambahan nutrisi bagi tumbuhan yang sengaja yang dikembangkan dari microorganisme yang tersedia di sekitar kita. 

Di dalam MOL terdapat jutaan bakteri penghancur namun bakteri ini kebanyakan sebagai pengurai karena beragam bakteri dan banyak sekali bakteri MOL yang terkandung dari 1 liter larutan MOL saja, terbilang sangat hampir mirip dari EMB.

EMB anda bisa baca di sini : Cara Membuat EMB
Dasar tujuan pembuatan MOL agar tanaman memiliki nutrisi tambahan untuk pertumbuhan vegetatif dan generatif namun pembuatan MOL sekarang di buat dengan sasaran pertumbuhannya.


Pembuatan MOL biasanya dilihat dengan sifat dari decomposer, atau sumber decomposer yang akan menurunkan sifat dari tanaman yang di jadikan decomposer.

Anda bisa melihat contoh MOL Micro Oganisme Lokal di sini : Cara Membuat Mol Pepaya


Bagaimana dengan mol hari ini ?


Kalau ada yang kurang paham dari pembahasan mol di atas silahkan untuk bertanya, keritik dan sarannya kami tunggu trimakasih atas kunjunganya.

MOL Micro Oganisme Lokal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indonesia