March 19, 2015

Jarak Tanam

Jarak Tanam - Dalam berbudidaya kita pasti mengenal yang namanya jarak tanam ini merupakan syarat dalam berbudidaya dengan penentuan efisiensi lahan, dengan kata lain jarak tanam yang baik secara efektif merupakan pengaruh dari beberapa alasan kenapa ini di katakan penting, cahaya matahari yang masuk untuk tanaman membutuhkan rongga atau jarak agar cahaya leluasa masuk kepada daun yang pada siang hari melakukan fotosintesis untuk melaksanakan pemasakan unsur hara pada daun sehingga apabila tanaman tidak di atur jarak semestinya maka pertumbuhan tanaman akan terhambat karena kekurangan cahaya matahari yang optimal.


Jarak Tanam


Suatu penempatan di mana tanaman memiliki jarak antara tanaman lain nya untuk aktifitas perakaran dalam pertumbuhan tanaman agar tumbuh dengan baik, jarak tanam yang baik setiap peranan antara tanaman memiliki cahaya matahari yang optimal serta penyerapan unsur hara atau nutrisi yang di serap akan lebih komplek di serap dan pengaruh pada tanaman pun sangat baik. Sehingga apabila tanaman saat berbudidaya dengan jarak tanam yang benar pertumbuhan tanaman secara optimal, dengan tidak adanya persaingan penyerapan unsur hara pada tanah, Jarak tanam yang optimal atau jarak tanaman yang baik dipengaruhi berbagai faktor. Faktor-faktor itu yang dipengaruhi, diantarnya sifat klon yang di tanam, bentuk wilayah (topografi), dan kerapatan tanaman yang dihendaki dan sebagainya sehingga menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuhan. Tanaman memiliki perakaran yang berbeda dan jenis akar yang berbeda sehingga penanaman dan jarak tanam harus di sesuaikan dengan tingkatan kesesuaian permukaan tanah yang akan di buat media sehingga kesesuaian pada prinsip - prinsip akan berlangsung dengan semestinya. Jarak Tanam menentukan efisiensi pemanfaatan ruang tumbuh agar mempermudah cara budidaya secara efektif adapun dengan perkembangan zaman bisanya jarak tanam dengan perawatan atau bantuan menggunakan mesin di perhitungkan dengan ke sesuaikan dengan tingkat kemampuan mesin, berbeda dengan manual. Jarak tanam seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis baris (single row), (double row), (on the square), (equidistant), atau hexagonal dan masih banyak lagi.

Jarak Tanam bertujuan untuk membuat perakaran serta cahaya matahari bisa mudah leluasa bekerja dengan baik pada tanaman untuk peroses aktivitas tumbuh. Jarak tanam menentukan pertumbuhan apabila jarak tanam yang luas tanaman akan memperoleh cahaya matahari yang optimal dan penerapan unsur hara atau nutrisi lebih kompleks karena persaingan antara tanaman lain sangat kecil. Berkaitan dengan penanaman dengan banyaknya jenis tumbuhan itu tanaman semusim, tanaman sayuran, tanaman tahunan perbedaan sangat jauh biasanya tanaman yang berkayu jarak tanam akan lebih luas selain perakaran yang jauh yang menjangkau berbagi ruang gerak untuk menyerap unsur hara yang ter kandung dalam tanah serta mencegah dari serangan hama serta penyakit apabila jarak tanam tidak di sesuaikan dan terlalu sempit antara tanaman yang lain nya, cahaya matahari yang masuk akan tersumbat karena terlalu rimbun nya daun dan ranting untuk menghalang cahaya matahari yang masuk, di mana keadan menjadi lembab dan akan mengundang hama serta penyakit yang akan menyerang tanaman menghambat pertumbuhan tanaman secara terus menerus bahkan bisa mengakibatkan tanaman layu dan bahkan mati.

Baca Juga :
Cara Menanam Wortel dengan Baik Dan Benar

Jarak Tanam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indonesia