March 23, 2015

Budidaya Jalak Suren

Jalak Suren
Pertanianindonesia.com - Cara cepat berbudidaya Jalak Suren dengan metode yang baik dan benar pasti menghasilkan burung yang unggulan, Indah Jalak Suren memiliki daya tarik yang membuat pemiliknya makin betah untuk memanjakannya, di samping itu jalak suren memiliki harga pasaran yang tergolong mahal atau sangat tinggi tergantung dengan jalak suren nya. Jarak suren merupakan salah satu binatang eksotis asli indonesia,tetapi sekarang ini banyak di budidayakan burung jalak suren yang kebanyakan dari daerah anakbenua india dan asia tenggara.


Semua orang tentu tahu dengan burung hitam pitih ini, warna dan suara yang indah menjadi daya tarik penghobi burung. Daya jual dan harga di pasar pun sangat tinggi mungkin itu alasan kenapa di budidayakan. Makanya banyak orang yang mencoba berbudidaya namun pada akhirnya gagal sangat di sayangkan bukan ? Namun tenang Banyak juga kok yang berhasil. Nah kenapa sodara - sodara kita gagal dengan usahanya apalagi kalau jumlah modal besar seperti itu. Maka di sarankan kalau anda berminat mending  kecil - kecilan dulu aja tar kalau sudah terlihat hasilntya anda bisa mencoba yang lebih besar lagi di rumah, karena budidaya jalak suren ini sangat di butuhkan ketelatenan dan keterampilan untuk si jalak. Seperti contohnya Jalak suren biasanya senag air namun apabila terlulu banyak pun tidak baik juga ya walau dia tidak segirang dan seberani jalak ungu. Nah sekarang kita langsung aja liat caranya :

  • Kerajaan     :Animalia
  • Filum          :Chordata
  • Kelas          :Aves
  • Ordo           :Passeriformes
  • Famili         :Sturnidae
  • Genus         :Sturnus
  • Spesies        :S. contra

Kandang Jalak Suren
Jalak suren hidup terutama di dataran rendah, namun dapat juga ditemukan di kaki perbukitan sampai 700 meter di atas permukaan laut. Burung-burung ini terutama didapati di wilayah dekat perairan terbuka. Seperti jenis jalak lainnya, burung ini memilih lubang pohon untuk di jadikan tempat tinggal. Banyak kegagalan di budidaya ini karena mereka tidak memperhatikan kandang jadi anda harus telaten dan jeli, baik jenis jalak suren Jawa, jalak ungu, ataupun jalak suren Malaysia. Yang pertama danlam budidaya tentu lah kandang, sebenarnya kandang yang ada di sesuaikan seperti habitat aslinya, karena kesesuaian habitat tentu menambah jalak suren betah di kandangnya, kalau masalah ukuran sih tergantung dari lahan yang anda punya tapi di sarankan ya ukuran si kandang besar dan luas karena semakin besar semakin bagus juga untuk si jalak ini. Namun tenang aja buat anda yang inin berbudidaya naun punya lahan yang mini sekarang bisa anda kerjakan tapi dengan syarat ukurannya jangan terlalu kecil buatlah kandang dengan panjang minimal 100 cm dan lebar sekitar 90 cm dan tinggi sekitar 180 cm. Dan beri ruang kecil pada bagian atap sehingga sinar matahari masih dapat masuk ke dalam kandang.

Kolam Jalak Suren
Saat anda berbudidaya saya yakin pasti anda banyak membutuhkan kandang untuk jalak suren anaknya nah di dalam kandang tentu lah anda harus menyediakan air dan tempat mandi dari setiap burung dari kandangnya, banyak burung banyak pula kandang, nah jadi anda harus pandai meletakan kandang dan menatanya namun di samping itu tidak lepas dari air minum sekaligus tempat mandi mereka, satu ekor jalak suren di sesuaikan air pakan dan kebutuhannya apabila dalam satu kandang terdapat lebih dari 4 ekor burung jalak suren.

Setelah ada air dan tempat mandi sekarang kita tanam tumbuhan peredu tujuan nya untuk memberikan suasana di habitat alam bebasnya selain itu tanaman peredu tempat untuk bertengger karena seperti tadi di bahas di atas kita akan menyesuaikan habitat asli burung, jangan lupa juga untuk membuat sarang buatan yang bulat dan sesuai tempat yang menurut anda cocok, tapi biasanya jalak suka dengan tanaman peredu, jangan sampai salah posisi dan salah dalam sarang ini karena sarang ikut menentukan keberhasilan berbudidaya.

Memilih Indukan
Setelah semuanya sudah beres kita ke indukan dengan syarat induk harus sehat dan tentunya berkualitas baik, kalau anda bingun gimana ciri - cirinya jalak suren yang sehat yang pertama di lihat dari fisik kalau terlihat sehat mulai dari paruh sampai seluruh badanya tidak memiliki cacat dan penyakit, di sarankan buat anda kalau cari indukan mendingan yang udah di karangtina aja, alasanya karena jalak yang di alam beas butuh waktu lagi untuk menyesuaikan habitat yang baru jadi lama lagi buat bertelur, selain mencegah perburuan liar yang waktu tahun lalu marak sekali dengan adanya budidaya kita akan melestarikan jalak juga, dari perburuan bebas.

Pakan
Setelah kandang dan induk sudah siap tinggal pakan, saya anggap anda siap dalam pakan karena selain ini penting gizi burung tersebut dan pastikan kebutuhan nutrisinya terjamin Anda juga bisa menambahkan produk penambahan tingkat kesuburan untuk menghindari adanya kemungkinan telur yang dihasilkan adalah telur infertil, jangan lupa beri suplemen juga ke si jalak suren seperti jangkrik, ulat dan berbagai macam serangga lainnya juga penting nah itu adalah makanan ekstranya si jalak.

Mungkin seperti itulah tutorial kali ini selamat mencobanya  di rumah ya …...

Budidaya Jalak Suren Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indonesia