March 20, 2015

Pertanian Berkelanjutan

Pertanian Indonesia - Pertanian berkelanjutan ialah usaha pertanian menggunakan prinsip ilmu ekologi, yang tertuju melalui studi hubungan antara organisme serta mikro dan makro lingkungannya. Pertanian berkelanjutan bertujuan untuk beralihnya  suatu kebiasaan petani yang ketergantungan petani terhadap input eksternal dan penguasa pasar tanpa adanya perantara yang mendominasi sumber daya alam.


Pertanian berkelanjutan telah didefinisikan antar hewan dan tumbuhan atau dengan makhluk hidup lainya yang bertujuan sebagai.
  • Memenuhi kebutuhan pangan dan kelangsungan hidup manusia.
  • Meningkatkan keaktifan lingkungan yang terus meningkat dan sumber daya alam yang terjaga berdasarkan kebutuhan ekonomi pertanian dan ketahanan pangan.
  • Menggunakan sumber daya alam yang efektif dan memperhitungkan dampak dari apa yang akan di aplikasikan.
  • Menggunakan sumber daya alam dalam bidang pertanian yang lebih aktif, serta melindungi atau menjaga siklus makhluk hidup yang tidak bisa di lepaskan.
  • Menjaga kualitas petani yang lebih di perhatikan lagi untuk keuntungan ekonomi petani.

Bertani tidak lah mudah pertanian berkelanjutan di anggap tahapan awal dan bukan di akhir, Banyak sekali yang harus di prhatikan dalam pertanian berkelanjutan.
Dalam pelaksanaannya pertanian berkelanjutan tidak jauh berbeda bahkan hampir sama dengan pertanian organik.

Pertanian berkelanjutan sangat baik di aplikasikan oleh petani di seluruh indonesia karena hal ini mengintimidasi dalam pembatuan struktur tanah serta hal yang berkaitan dalam pertanian sehingga memajukan dan menkedepankan dalam sektor ini demi ketahanan pangan dan memperbaiki ekonomi untuk  para petani.
Menjamin dan melindungi kesinambungan sumber daya alam untuk mewujudkan kembali budaya pertanian yang lebih baik lagi dari sebelumnya sebagai kehidupan yang sekarang berlangsung.

Kesimpulan di atas Pertanian berkelanjutan adalah pemanfatan yang di lakukan dengan efektif dengan memperhatikan kesinambungan dari ekologi sehingga dapat berlangsung dengan semestinya, pertanian dari setiap negara apapun itu adalah tulang punggung yang menunjang kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainya jadi sudah semestinya kita jaga dengan sebaik baiknya.

Baca juga :
Pertanian Moderen
Setruktur Biji
ManfaatBuah Anggur untuk Kesehatan

Pertanian Berkelanjutan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indonesia