March 20, 2015

Pertanian Moderen

PERTANIAN MODERN

Pertanian indonesia - Pertanian memiliki kemajuan yang terus berkembang hingga saat ini mekanisani yang berkembang yang bertujuan untuk memajukan sektor pertanian serta pangan semakin hari semakin maju dengn adanya bantuan dari mesin - mesin yang canggih yang menguntungkan dari segi waktu yang cepat dalam pengerjaan nya, hal yang sangat menonjol dari pertanian moderen ialah dengan mesin - mesin pertanian yang canggih hingga pengerjaan yang di lakukan dalam pengaplikasian sangatlah relatif singkat, berbeda dengan pertanian tradisional yang secara manual. pertanian yang demikian di embangkan dalam proses berbudidaya pada jaman pertanian di lakukan dengan manual dan lebih ke organiak dalam pertanian perkelanjutan maka dicarilah berbagai cara agar supaya pangan yang ada di dunia ini tetap lestari tidak habis dan berkesinambungan. Seperti contohnya pada zaman kehidupan purba yang baru memulainya dengan ditandainya perubahan pola hidup, pola pikir yang terus berkembang dari mengubah penampilan dan berpindah tempat hidup menjadi menetap di suatu daerah.

Pada konsep awal ini, pertanian menjadi sektor dasar tetapi menjadi tulang punggung yang merupakan pijakan dari sektor-sektor lain karena ini memang suatu kebutuhan yang amat penting bagi manusia dari sektor berbasis sumber daya alam seperti pertanian, di indonesia seperti kita ketahui masyarakat akan sejahtra apabiala kebutuhan pokok yang sangat di butuhkan tercukupi yaitu pakaian, pangan, dan rumah tinggal yang berkaitan dari hal ini dari kesehatan, kebutuhan pokok, dan pertanian. Pertanian bisa berkembang pesat apabila sangat di perhatikan seperti negara - negara maju yang menkedepankan sektor ini. Tidak menutup kemungkinan kita tidak bisa seperti negara-negara lain karena yang memiliki basis sumber daya kuat seperti Indonesia yang kaya akan sumber daya alam sangat mungkin sekali bisa mencapai sembada pangan. Arifin : Pada era 1970-an Indonesia cukup berhasil membangun fondasi atau basis pertumbuhan ekonomi yang baik setelah pembangunan pertanian terintegrasi cukup baik ke dalam kebijakan ekonomi makro. Hasil besar yang secara nyata yang dirasakan langsung oleh masyarakat banyak adalah terpenuhinya kebutuhan pangan secara mandiri (swasembada) pada pertengahan 1980-an.

Pertanian Moderen

Dengan berkembangnya ilmu - ilmu yang terus di teliti dari segi varietas tanaman manusia semakin memajukan dan mencari varietas yang unggul yang sangat efektif untuk hasil produksinya dan baik untuk manusia. Konsep ini muncul sebagai bagian dari peningkatan kualitas setelah adanya peningkatan kuantitas dari konsep pertama. Didapatlah varietas-varietas dengan keunggulan tertentu, seperti enak rasanya, banyak hasil panennya, panen yang relatif singkat, dalam sekali masa tanam, menghasilkan daging atau susu yang banyak dan berkualitas, dan tahan terhadap hama dan penyakit.

Kedua konsep akan terus dipakai, walau bagai manapun karena konsep ini suatu dasar yang menunjang keberhasilan berbudidaya. Konsep pertanian modern bukan hanya membahas usaha untuk pemenuhan kebutuhan pangan manusia dan pemuliaan spesies pertanian, tetapi sudah lebih ke arah bagaimana cara optimalisasi usahatani untuk menghasilkan bahan pangan yang bermutu, baik dari segi kualitas maupun kuantitas seperti perubahan bentuk yang unik dengan kerativitas yang baik. Di dalamnya juga termasuk usaha peningkatan teknologi pertanian agar pertanian berjalan lebih efektif dan efisien. Tidak terlepas dari semuanya konsef di atas yang menghasilkan inovasi Seiring berjalannya waktu mulai ada harmonisasi keduanya dan hal ini sudah mulai terlihat di tahun 2015 ini. Tingginya nilai ekspor hasil pertanian indonesia juga menandakan bahwa kualitas produk pertanian kita sudah sesuai dengan standar kualitas internasional. Baiknya kualitas dan kuantitas produk pertanian Indonesia merupakan hasil dari konsep pertanian modern yang diterapkan di Indonesia namun hanya di beberapa daerah saja yang menunjang ini.
Selain itu pertanian moderen biasanya di kaitkan dengan Sistem agribisnis yaitu sistem yang terdapat keterkaitan erat antar subsistem agribisnis mulai dari hulu hingga jasa penunjang dan menopang satu sama lain. Sistem agribisnis merupakan konsep yang lebih konkrit dan komprehensif untuk pengembangan sektor pertanian ke arah yang lebih baik dan efektif dalam pengerjaan nya.

Dengan adanya sistem ini, seluruh perkembangan sangat kognitif di indonesia karena seiring perkembangnya pertanian yang moderen. Sistem ini juga mampu menggerakkan pemerintah untuk lebih giat mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap pertanian rakyat dan dunia perbankan agar lebih ‘ramah’ terhadap petani dalam hal penunjang pertanian ke arah yang lebih baik sehingga dapat menghasilkan produk yang menunjang ketahanan pangan.

Pertanian moderen merupakan salahsatu bukti dari kebutuhan manusia yang sangat di butuhkan untuk kelangsungan pangan di indonesia Pengembangan sektor pertanian ke arah yang lebih lanjut adalah kewajiban kita bersama untuk usaha pemenuhan energi pangan dan ketersedian yang akan di butuhkan bagi seluruh manusia. Sumber daya alam yang semakin terbatas sangat menyulitkan perkembangan pertanian, terutama sumber energi, membuat manusia kembali mengandalkan pertanian sebagai penghasil sumber energi alternatif dan juga jalan kelangsungan hidup.

Pertanian moderen merupakan bukti pengembangan atau keseriusan manusia bahwa kebutuhan pangan sangat penting sehingga melakukan budidaya yang memikirkan bagaimana tanaman sebagai sumber pangan bisa di kembangkan atau di budidayakan agar populasinya terjaga atau tidak habis hal ini sangat berkaitan erat dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang tanpa batas. mengingat kebutuhan manusia yang tanpa batas sehingga harus di kembagkan dan di aplikasikan dengan sebaik - baiknya. Untuk kepentingan manusia ini pertanian adalah bagian terpenting di atasnya penduduk indonesia kebanyakan dari petani atau yang menggeluti di bidang sektor pertanian.

Pangan yang tidak terlepas dari manusia tidak bisa di lepaskan mengingat manusia harus tercukupnya pangan dan harus di olah menjadi suatu kebutuhan yang tidak habis oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Sektor pertanian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu negara dan masyarakat di dalamnya. indonesia sangat kaya dan sangat di sayangkan apa bila hal ini tidak di perhatikan.

Pertanian Moderen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indonesia