April 18, 2017

Cara Baik Panen Dan Pasca Panen Semangka

PANEN DAN PASCA PANEN

Pertanian Indonesia - Cara panen dan pasca panen yang benar dengan pengolahan yang sesuai dapat menjadikan hasil panen yang lebih berkalitas karena dengan cara tersebut kita bisa mengurangi tingkat kegagalan yang dapat menurunkan kualitas panen yang sangat berpengaruh dan berperan penting terhadap pemasaran yang akan kita tuji, di bawah ini  cara ada dua cara yang secara singkat saya jelaskan.


Sebaiknya semangka dipanen pada umur dan tingkat kematangan yang cukup supaya rasanya manis. Semangka yang di panen kurang umur warna daging buahnya pucat atau agak putih.
Agar saat panen tepat dan kwalitasnya bagus, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan antaralain:
  • Umur Buah Semangka
Umur panen buah semangka bervariasi tergantung beberapa vaktor misalnya jenis/varietas dan ketinggian tempat penanaman, serta musim hujan atau kemarau, karena panjang penyinaran akan berpengaruh besar terhadap umur panen buah semangka. Semangka non biji termasuk semangka jenis besar maka umurnya lebih lama di bandingkan semangka jenis kecil, untuk semangka jenis besar biasanya dipanen umur 33 hari setelah penyerbukan. Apabila di panen terlalu tua dalam buah akan terbentuk rongga dan daging buah agak lembek seperti spon atau masir. Ketingian tempat penanaman semangka juga berpengaruh terhadap umur panen ketinggian 500 – 600 m dpl, 5 – 6 hari akan lebih lama di bandingkan di dataran rendah 0 – 100 dpl. Selain itu juga kesehatan tanaman, tanaman yang subur dan sehat umur panen akan lebih panjang di bandingkan dengan tanaman yang kurang subur dan kurang sehat, akan tetapi tanaman yang subur dan sehat akan di peroleh buah yang besar, kwalitasnya bagus dan tahan lama di simpan.

  • Dengan Mengambil Sampel Buah Semangka
Walaupun tanaman semangka dari penyerbukan sudah umur 33 hari dan sudah
menunjukkan ciri-ciri fisik seperti diatas, namun perlu diambil sampel buah semangka tersebut di belah warnanya sudah merah atau belum, dirasakan sudah manis apa belum, atau di ukur dengan refrekto meter kadar gula pada buah semangka tersebut sudah menunjukkan 10 – 12 % (brix) Namun kadar gula tersebut setiap varietas/jenis berbeda-beda.
Saat panen
Apabila musim kemarau sebaiknya buah semangka dipanen pagi hari karena proses penimbunan zat makanan pada malam hari. Apabila musim hujan supaya dipanen agak siang setelah embunnya kering. Buah yang dipanen supaya dilakukan bertahap sesuai dengan umur buah setelah penyerbukan, atau tanda (warna benang) yang telah diberikan saat penyerbukan. Dengan cara memetik tangkai buah pada sendi tangkai buah atau memotong tangkai buiah dengan gunting.

Dengan menganalisis waktu dan umur buah yang pas kita dapat memanen dengan pas namun seperti di bahas di atas kalau untuk anda yang ingin melakukan pengiriman buah semangka yang jarak pasaranya jauh kita bisa memanen dengan aga muda sedikit alasanya karena jika buah yang terlalu matang akan cepat busuk ketika sampai di pasar dan otomatis penjualan pun menurun.

Terimakasih atas kunjunganya.

Cara Baik Panen Dan Pasca Panen Semangka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indonesia